Apati

Apatisme menggambarkan kurangnya minat, antusiasme, atau motivasi. Ini mengganggu manajemen efektif gejala penyakit Parkinson (PD), karena orang apatis kurang cenderung melakukan hal-hal seperti olahraga dan mengikuti jadwal pengobatan mereka.

Anda mungkin mengalami sikap apatis jika Anda merasa bahwa semakin sulit untuk bangkit dan berpartisipasi dalam aktivitas kehidupan. Laporkan ini kepada penyedia layanan kesehatan Anda dan bekerja dengan tim Anda untuk menentukan tindakan yang terbaik.

Selain sikap apatis, orang dengan PD juga sering mengalami depresi dan kelelahan. Apati tidak sama dengan depresi. Dalam beberapa kasus, apati merupakan bagian dari gangguan depresi atau terkait dengan penurunan kognitif. Apati ditambah dengan depresi dapat mengurangi energi seseorang dan membuatnya sulit untuk memisahkan bagaimana masing-masing mempengaruhi suasana hati seseorang. Depresi membawa perasaan tidak berharga atau rasa bersalah, sedangkan orang yang apatis tidak merasakan suasana hati atau secara emosional datar.

Apati bisa membuat frustasi bagi orang dengan PD, pengasuh dan orang yang dicintai. Memahami apati sebagai gejala PD dan menemukan cara untuk mengatasinya adalah kunci untuk memastikan kualitas hidup yang baik dan untuk menjaga hubungan baik dengan pengasuh, keluarga dan teman.

Terapi

Saat ini, tidak ada perawatan yang terbukti efektif untuk apati - tidak ada pil atau terapi khusus - tetapi kegiatan terstruktur dan peluang untuk sosialisasi adalah pendekatan yang bermanfaat. Rutinitas rutin, terus bersosialisasi dan berolahraga bahkan jika Anda tidak 'menyukainya, minum obat tepat waktu setiap waktu dan menghindari isolasi semua membantu mengelola sikap apatis. Berbicara dengan keluarga dan teman Anda atau mengambil bagian dalam kelompok pendukung juga dapat membantu Anda tetap terlibat dan termotivasi.

Orang yang mengalami sikap apatis didorong untuk bertemu dengan dokter mereka untuk:

    Mengevaluasi dan mengoptimalkan obat PD - gerakan yang lebih baik dapat mengurangi sikap apatis.
    Dapatkan tes untuk depresi dan apati - skala penilaian standar dapat membantu Anda dan dokter menemukan penyebab suasana hati Anda. Jika Anda mengalami depresi, dapatkan perawatan.
    Diskusikan cara-cara untuk mendapatkan tidur paling nyenyak mungkin - kesulitan tidur berkontribusi terhadap kelelahan.
    Jelajahi pilihan pengobatan lainnya - tidak ada obat yang disetujui untuk mengobati apati, tetapi beberapa pasien mungkin mendapat manfaat dari inhibitor kolinesterase (rivastigmine, dll.), Stimulan, atau jenis antidepresan tertentu.

Tips Hidup dengan Apati

    Mintalah dukungan dari pengasuh, teman dan anggota keluarga ketika Anda mencoba untuk aktif, menjaga hubungan sosial dan mendapatkan kembali kesenangan dalam kegiatan sehari-hari.
    Buat jadwal aktivitas harian, termasuk tugas-tugas dan hal-hal yang Anda sukai. Bersikaplah realistis tentang apa yang dapat Anda capai. Berikan diri Anda hadiah kecil untuk setiap kegiatan yang dilakukan.
    Buat gol mingguan untuk kegiatan rekreasi — melakukan hobi atau pergi ke restoran, misalnya. Cobalah keluar dari rumah.
    Fokus pada satu tugas, atau bagian dari satu tugas. Sukses dapat membantu menuntun Anda ke langkah berikutnya.
    Latihan - berjalan, taman, menari - apa pun yang menarik bagi Anda.
    Tidur yang cukup.

Apati dan Pengasuh

Apati dapat menjadi salah satu gejala Parkinson yang paling membuat frustrasi yang akan dihadapi oleh seorang pengasuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang dengan sikap apatis membutuhkan lebih banyak dari pengasuh mereka. Sulit untuk melihat orang yang Anda cintai mengabaikan atau menolak untuk melakukan hal-hal yang Anda berdua ketahui bermanfaat bagi Parkinson, seperti olahraga. Ingat bahwa apati adalah gejala penyakit dan orang dengan PD tidak harus malas atau membuat alasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar