Perawatan Kecemasan

Ada dua jenis pilihan pengobatan utama untuk kecemasan: obat-obatan dan konseling psikologis (psikoterapi). Tergantung pada tingkat keparahan gejala, psikoterapi dapat digunakan sendiri atau kombinasi dengan obat-obatan. Perawatan harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang.

Terapi Obat

SSRI (antidepresan)

Obat antidepresan kelas baru yang disebut selective serotonin reuptake inhibitors (SSRI) biasanya merupakan pengobatan lini pertama untuk depresi dan gangguan kecemasan. Mereka termasuk:

    fluoxetine (Prozac®)
    sertraline (Zoloft®)
    paroxetine (Paxil®)
    citalopram (Celexa®)
    escitalopram (Lexapro®)

Untuk pasien dengan serangan kecemasan, dosis yang sangat rendah harus digunakan pada awalnya. Bukti menunjukkan obat-obat ini dapat meningkatkan serangan ketika pertama kali dimulai pada dosis yang lebih tinggi. Manfaat tambahan menggunakan SSRI adalah bahwa mereka juga bekerja untuk depresi, yang sering terjadi bersamaan.

Benzodiazepin (obat anti-kecemasan)

Kelas yang lebih tua dari obat yang disebut benzodiazepin digunakan untuk mengobati gangguan kecemasan dan menargetkan kimia otak GABA. Mereka termasuk:

    diazepam (Valium®)
    lorazepam (Ativan®)
    clonazepam (Klonopin®)
    alprazolam (Xanax®)

Obat-obat ini dapat sangat efektif untuk kecemasan, kadang bekerja lebih baik daripada antidepresan. Mereka berlaku sangat cepat, seringkali memberikan beberapa bantuan setelah dosis tunggal. Juga, mereka dapat membantu dengan gejala PD lainnya, termasuk jenis tremor tertentu, kram otot dan perubahan tidur. Kelemahan utama termasuk kesulitan memori, kebingungan, peningkatan masalah keseimbangan dan kelelahan. Obat-obat ini tidak boleh dihentikan secara tiba-tiba, karena pasien dapat mengalami gejala penarikan serius seperti kejang dan kekakuan berat yang disebut spastisitas.

CATATAN: Benzodiazepine harus digunakan dengan hati-hati pada pasien yang lebih tua dengan Parkinson atau pada mereka dengan demensia. Jika digunakan secara teratur, mereka tidak boleh berhenti tiba-tiba untuk menghindari gejala penarikan yang serius.
Psikoterapi

Psikoterapi atau "terapi bicara" mengacu pada banyak jenis konseling. Jenis perawatan ini dapat membantu orang yang didiagnosis dengan gangguan kecemasan memahami penyakit mereka dan mengelola gejala mereka dengan lebih baik. Para profesional kesehatan mental yang menyediakan terapi termasuk psikolog, pekerja sosial, psikiater, konselor profesional berlisensi, dan perawat terlatih khusus. Langkah pertama adalah menemukan terapis yang kompatibel. Terapi kualitas dapat bermanfaat karena:

    Terapi perilaku kognitif (CBT) sangat efektif dalam membantu orang mengubah pola dan perilaku berpikir negatif untuk memecahkan masalah mereka dan terlibat dalam kehidupan.
    CBT mendorong pasien untuk mengembangkan lebih banyak pikiran positif tentang diri mereka, lingkungan di sekitar mereka dan masa depan mereka: dalam hal ini hasil yang terkait dengan penyakit mereka.
    Sesi konseling dapat memberikan dukungan vital, pemahaman, dan pendidikan. Pasien dapat dilihat sendiri, sebagai pasangan atau keluarga, atau dalam kelompok.
    Psikoterapi menawarkan dua keuntungan: tidak ada efek samping obat dan keterampilan mengatasi yang dapat digunakan dalam jangka panjang.

Terapi Non-Konvensional untuk Kecemasan

     Teknik relaksasi
     Pijat terapi
     Akupunktur
     Aromaterapi
     Berbagai bentuk meditasi
     Terapi musik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar