Kesulitan Pernapasan & Pernafasan

Beberapa orang dengan penyakit Parkinson (PD) mungkin mengalami sesak nafas. Tidak ada penyebab yang jelas yang mendasari disfungsi pernafasan pada PD, frekuensi atau efek yang ditimbulkan oleh obat terhadap respirasi. Beberapa alasan untuk sesak napas di PD termasuk:

    "Mengenakan" adalah pengalaman umum di antara orang-orang dengan PD yang telah menggunakan levodopa selama beberapa tahun. Ini terjadi ketika manfaat obat habis dan gejala PD (termasuk sesak napas) kembali sebelum dosis berikutnya.
    Diskinesia pernapasan mengacu pada kejadian pernapasan tidak teratur dan cepat ketika obat levodopa mencapai efek puncaknya. Ini mungkin disertai dengan gerakan tubuh tak sadar, biasanya dialami sebagai dyskinesia.
    Kecemasan adalah gejala umum PD yang juga dapat memperparah sesak napas, apakah dengan sendirinya atau sebagai akibat dari pemakaian obat.
    Pneumonia aspirasi adalah pneumonia yang berkembang setelah makanan atau cairan “menuruni pipa yang salah.” PD lanjutan dapat meningkatkan risiko kesulitan menelan, tersedak dan pneumonia aspirasi.
    Masalah kesehatan non-PD termasuk kondisi seperti asma, alergi, penyakit paru-paru, penyakit jantung dan kondisi lain yang dapat menyebabkan sesak napas.

Terapi

Mengobati kesulitan bernapas pada PD tergantung pada identifikasi penyebabnya. Tidak ada terapi khusus untuk sesak napas di antara orang dengan PD dan tes dapat menunjukkan bahwa semuanya normal. Namun, ini mungkin membantu untuk mendiskusikan obat-obatan Anda dengan dokter Anda.

Tips untuk Mengatasi Kesulitan Pernafasan

    Bekerjasamalah dengan dokter Anda untuk mengidentifikasi dan mengobati setiap penyebab sesak napas non-PD, seperti penyakit paru-paru, penyakit jantung atau kurangnya pengkondisian fisik dan daya tahan.

    Berolahragalah sebanyak mungkin. Sesak napas dapat menyebabkan seseorang bergerak lebih sedikit. Kurang aktivitas fisik mengurangi kemampuan untuk mengambil napas dalam-dalam. Tetap aktif meningkatkan fungsi paru.

    Ambil langkah untuk mengatasi kecemasan. Bicaralah dengan dokter Anda untuk mencari tahu apa yang memicu kecemasan dan menemukan perawatan (obat-obatan, olahraga, perubahan gaya hidup) dan teknik yang sesuai untuk Anda.

    Bicarakan dengan dokter Anda tentang mendapatkan evaluasi yang dilakukan oleh ahli patologi wicara-bahasa (SLP) yang dapat membantu Anda mengatasi masalah yang berkaitan dengan menelan.

    Berhenti merokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar