Kegelisahan

Seperti orang dengan penyakit kronis lainnya, orang dengan penyakit Parkinson (PD) sering berjuang dengan kesulitan kesehatan mental. Sementara penyakit diketahui merusak banyak aspek gerakan, penelitian dari Proyek Hasil Parkinson telah menemukan bahwa dua gejala non-motorik - depresi dan kecemasan - memainkan peran kunci dalam penyakit juga dan efeknya pada kualitas hidup orang.

Merasa khawatir adalah reaksi yang dapat dimengerti untuk diagnosis Parkinson. Tetapi ketika perasaan khawatir atau gugup terus-menerus melampaui apa yang bisa dimengerti, seseorang mungkin mengalami kecemasan, yang lebih serius.

Kecemasan adalah gejala umum non motorik dari PD. Penting untuk dicatat bahwa kecemasan bukan hanya reaksi terhadap diagnosis Parkinson, tetapi merupakan bagian dari penyakit itu sendiri, yang disebabkan oleh perubahan dalam kimia otak otak.

Sebanyak dua dari lima orang dengan PD akan mengalami salah satu dari bentuk-bentuk ini:

    Generalized Anxiety Disorder: Generalized anxiety disorder (GAD) ditandai dengan perasaan gugup dan pikiran berulang kekhawatiran dan ketakutan. Hal yang mengkhawatirkan ini melebihi apa yang biasanya diharapkan dari situasi dan seringkali membuat orang merasa tidak terkendali. Gejala fisik yang mungkin menyertai perasaan ini termasuk kupu-kupu di perut dan mual, kesulitan bernapas atau menelan, jantung, berkeringat, dan peningkatan tremor.

    Serangan Kegelisahan: Kecemasan, atau kepanikan, serangan biasanya dimulai tiba-tiba dengan rasa tekanan fisik dan emosional yang parah. Individu mungkin merasa seolah-olah mereka tidak dapat bernafas atau mengalami serangan jantung. Mereka mungkin merasa mereka mengalami keadaan darurat medis. Episode-episode ini biasanya berlangsung beberapa menit hingga satu jam, terutama ketika dikaitkan dengan periode "off", meskipun episode-episode ini dapat bertahan untuk periode waktu yang lebih lama.

    Penghindaran Sosial: Penghindaran sosial, atau gangguan kecemasan sosial, melibatkan menghindari situasi sosial sehari-hari karena takut malu karena gejala Parkinson, seperti tremor, diskinesia, atau kesulitan berjalan memperhatikan di depan umum. Paparan situasi sosial dapat menyebabkan kecemasan yang parah pada individu-individu ini, yang hilang ketika orang tersebut dihapus dari atau benar-benar menghindari situasi.

    Gangguan Obsesif-Kompulsif: Orang dengan gangguan obsesif-kompulsif (OCD) dapat terganggu oleh pikiran atau gambar yang persisten, tidak diinginkan (obsesi), dan oleh kebutuhan mendesak untuk terlibat dalam ritual tertentu (dorongan) untuk mencoba mengendalikan atau membebaskan diri dari gangguan ini. pikiran. Sebagai contoh, mereka mungkin terobsesi dengan kuman atau kotoran, dan mencuci tangan mereka berulang kali. Namun, melakukan hal-hal yang disebut ritual ini hanya memberikan kelegaan sementara, dan tidak melakukannya secara nyata meningkatkan kecemasan.

Kecemasan tidak terkait dengan perkembangan penyakit - dapat dimulai sebelum diagnosis PD atau berkembang jauh di kemudian hari. Selain itu, sementara beberapa orang dengan kecemasan pengalaman PD sendiri, banyak yang didiagnosis dengan kecemasan bersama dengan depresi. Sementara kecemasan kurang dipelajari dengan baik daripada depresi, itu mungkin sama umumnya. Jika dibiarkan, kecemasan dapat memperburuk kondisi kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar