Trouble Moving atau Walking

Orang-orang tanpa PD tidak memikirkan tentang berjalan mereka. Lengan mereka secara alami berayun, dan kaki mereka secara alami mendarat di tumit dengan setiap langkah. Mereka dapat berjalan dan berbicara serta membawa tas, dompet, dan piring makanan tanpa kesulitan.

Individu dengan PD cenderung kehilangan gerakan otomatisnya. Terutama sebagai kemajuan Parkinson, mungkin membawa berbagai gejala yang tidak biasa pada tahap awal, seperti masalah dengan berjalan (kelainan gaya berjalan) dan keseimbangan yang buruk (ketidakstabilan postural). Kaki mulai mengocok, dan melakukan dua tugas sekaligus menjadi lebih sulit. Mengubah menjadi menantang, sering mengarah ke episode yang membeku dan kadang-kadang jatuh.

Penyakit Parkinson Adalah Gangguan Gerakan dan Sensorik

Orang dengan PD kesulitan mengatur kecepatan dan / atau ukuran gerakan mereka. Pergerakannya bradikin (terlalu lambat) atau hipokinetik (terlalu kecil).

Perubahan dalam sistem gerakan menyebabkan tantangan untuk mengontrol pergerakan, termasuk yang berikut:

    Memulai dan menghentikan gerakan
    Secara otomatis mengendalikan otot
    Menghubungkan berbagai gerakan untuk menyelesaikan satu tugas (misalnya, bergerak dari duduk ke posisi berdiri)
    Menyelesaikan satu gerakan sebelum memulai yang berikutnya (misalnya, tidak sepenuhnya berputar sebelum duduk)

Perubahan dalam sistem sensor juga mengarah pada tantangan, terutama memperhatikan dan memperbaiki masalah gerakan dan suara, termasuk yang berikut:

    Kelambatan atau kekerdilan gerakan (misalnya, ketika disuruh membuat gerakan lebih besar, seseorang dengan PD mungkin merasa gerakannya sekarang "terlalu besar")
    Kurang gerak (mis., Lengan yang tidak berayun saat berjalan)
    Perubahan postur
    Perubahan volume suara (misalnya, ketika disuruh berbicara lebih keras, seseorang dengan PD mungkin merasa mereka berteriak)

Walking Changes

Ada banyak perubahan berjalan terkait PD:

    Langkah yang lebih kecil
    Kecepatan lebih lambat
    Lebih sedikit gerakan trunk (terutama rotasi)
    Basis dukungan yang sempit (kaki terlalu berdekatan)
    Lengan ayun kurang atau tidak ada (pada satu sisi tubuh atau keduanya)
    Terjadi masalah
    Kaki mendarat rata di lantai dengan setiap langkah, bukan di tumit (dapat menyebabkan terseret dan jatuh)
    Festinasi atau menyeret (cepat, kecil, langkah maju tanpa kekerasan; sering disertai dengan postur membungkuk)
    Retropulsion (langkah cepat, kecil, tidak sadar mundur)

Mengelola Perubahan Berjalan

    Olahraga sama pentingnya dengan obat dan terapi lain untuk mengelola gejala Parkinson dan menjalani kehidupan sebaik mungkin. Latihan Dilaporkan manfaat latihan meliputi:
    Peningkatan gaya berjalan dan keseimbangan
    Penurunan jatuh
    Fleksibilitas dan postur yang meningkat
    Peningkatan daya tahan
    Mengurangi pembekuan gaya berjalan

Tips Berjalan

    Katakan pada dirimu untuk mendarat dengan tumit terlebih dahulu. Anda dapat melakukan ini dengan memikirkan setiap langkah sebagai tendangan besar. Dengan memikirkan apa yang Anda lakukan, Anda menggunakan bagian otak yang berbeda dari bagian yang dipengaruhi oleh PD. Anda merutekan ulang pesan dari otak ke kaki.
    Fokus pada ukuran langkah Anda, bukan kecepatan langkah Anda.
    Hindari membawa banyak barang sambil berjalan. Orang dengan PD mengalami kesulitan melakukan lebih dari satu tugas pada satu waktu.
    Saat Anda mulai mengocok atau membeku, cobalah untuk berhenti total. Tarik napas, berdiri tegak dan mulai lagi, fokuslah untuk membuat langkah pertama itu sebagai langkah besar.
    Berdiri tegak dan lihat di depan Anda. Jangan melihat langsung ke kaki Anda.
    Gunakan tongkat atau alat bantu jalan / rolator jika direkomendasikan oleh terapis atau dokter Anda.

Tips Memutar

    Ketika memulai pergantian dari posisi berhenti, pastikan untuk memimpin dengan kaki Anda, bukan tubuh bagian atas Anda. Menanamkan kaki Anda dan memutar tubuh bagian atas Anda sering mengarah ke episode beku.
    Jika Anda ingin berbelok ke kanan, geser berat Anda ke kaki kiri dan melangkah keluar dengan kaki kanan. Untuk berbelok ke kiri, geser berat Anda ke kanan dan melangkah keluar dengan kaki kiri.
    Cobalah untuk tidak berayun saat Anda berputar. Sebaliknya, fokuslah pada bagaimana Anda mengangkat kaki Anda.

Pembekuan

Beberapa orang mengalami "pembekuan", ketidakmampuan sementara, ketidaksengajaan untuk bergerak. Ini dapat terjadi kapan saja, meskipun cenderung terjadi ketika memulai langkah, memutar atau menavigasi melalui pintu. Ini bisa menjadi masalah serius, karena dapat meningkatkan risiko jatuh.

Mengelola Pembekuan

Beberapa pembekuan terjadi ketika Anda jatuh tempo untuk dosis berikutnya dari obat dopaminergik. Ini disebut pembekuan "off". Biasanya, episode pembekuan berkurang setelah minum obat Anda.

Tips untuk Mitra Perawatan

Pembekuan (kaki yang dilem ke lantai) adalah penyebab jatuh yang signifikan.

    Pembekuan sering terjadi saat berputar dalam jarak dekat. Cobalah untuk menghindari belokan yang ketat jika memungkinkan. Instruksikan orang dengan Parkinson untuk membuat belokan yang lebih luas.
    Jika orang tersebut memiliki episode beku saat mencoba berjalan, dorong dia untuk berhenti, meluruskan postur, dan menggeser berat ke satu kaki sebelum mulai melangkah dengan yang lain.
    Untuk membantu dengan pembekuan, hitung atau tepuk ketukan ritmik.
    Beberapa orang yang mengalami episode beku lebih baik dengan isyarat visual, seperti "melangkahi kaki saya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar