Sembelit & Mual

Kesulitan menelan, perasaan mual dan konstipasi adalah gejala umum penyakit Parkinson (PD). Para ilmuwan menunjukkan dua penjelasan untuk kesulitan-kesulitan ini. Perubahan otak yang sama pada PD yang menyebabkan kekakuan dan gerakan lambat juga mempengaruhi otot-otot yang terlibat dalam menelan dan mendorong makanan melalui sistem pencernaan.

Selain itu, Parkinson dapat memengaruhi saraf yang melapisi saluran pencernaan, yang disebut sistem saraf enterik. Secara khusus, para peneliti telah menemukan tubuh Lewy di neuron yang melapisi usus orang dengan PD. Ini menunjukkan kerusakan sel di usus mungkin menandakan awal PD dan kematian sel di otak adalah tahap penyakit yang relatif terlambat.

Sembelit

Sembelit, yang didefinisikan sebagai kurang dari tiga gerakan usus per minggu, mungkin merupakan gejala gastrointestinal yang paling dikenal luas dari Parkinson. Penelitian telah menunjukkan bahwa sembelit sering dimulai sebelum gejala motorik. Dalam sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa melakukan gerakan usus lebih jarang daripada sekali sehari menunjukkan risiko empat kali lebih tinggi mengembangkan Parkinson.

Pada beberapa orang dengan PD, sembelit dapat terjadi karena fungsi yang tidak tepat dari sistem saraf otonom, yang bertanggung jawab untuk mengatur aktivitas otot polos usus. Jika sistem ini tidak berfungsi dengan baik, saluran usus dapat melambat, menyebabkan konstipasi. Obat untuk PD, termasuk levodopa dan agonis dopamin, serta antikolinergik amantadine dan trihexyphenidyl (Artane), juga menyebabkan sembelit. Penyebab lainnya termasuk:

    Tidak minum cukup air
    Diet rendah serat
    Kurang berolahraga
    Menekankan
    Menolak keinginan untuk buang air besar
    Obat antasid yang mengandung kalsium atau aluminium
    Obat lain (terutama obat nyeri yang kuat seperti opioid, antidepresan, dan pil zat besi)
    Masalah medis seperti sindrom iritasi usus (IBS), diabetes dan kanker kolorektal

Bagaimana cara menghindari sembelit:

Tidak ada perawatan khusus, tetapi menghindari sembelit dan menjaga feses lunak akan membantu.

    Makan diet seimbang dengan banyak serat. Sumber serat yang baik termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dedak, dan roti gandum.
    Minum 48 hingga 64 ons air setiap hari.
    Berolahragalah setiap hari.
    Minum cairan hangat, terutama di pagi hari. Pertimbangkan untuk menghangatkan jus prune Anda daripada meminumnya dingin.
    Tambahkan buah dan sayuran ke dalam diet Anda.
    Makan plum dan / atau sereal bekatul.
    Jika diperlukan, gunakan pelunak tinja yang sangat ringan atau laksatif. Jangan gunakan obat pencahar selama lebih dari dua minggu tanpa memberi tahu dokter Anda.

Mual

Mual atau kembung dapat terjadi ketika perut mengosongkan isinya ke usus kecil terlalu lambat, suatu kondisi yang disebut gastroparesis. Bagi orang yang memakai levodopa (Sinemet), ini adalah masalah karena obat tidak dapat diserap oleh usus kecil dan perjalanan ke otak. Tidak ada terapi untuk gastroparesis; Namun, cara-cara berbeda dalam memberikan levodopa sedang dipelajari, seperti patch kulit, untuk menghindari masalah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar